Petani dan BPP Sabbang Selatan Lutra Susun Program Penyuluhan

    Petani dan BPP Sabbang Selatan Lutra Susun Program Penyuluhan

    LUWU UTARA– Dinas Pertanian Kabupaten Luwu Utars melalui Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Sabbang Selatan memfasilitasi pelaksanaan Penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian tingkat Kecamatan Sabbang Selatan, Luwu Utara (Lutra), Sulsel. Selasa 22 Maret 2022.

    Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Luwu Utara, diwakili Kepala Bidang Penyuluhan, Made yang juga didampingi oleh fungsional Kabupaten Bidang Penyuluhan Husrianto Lamba dan Koordinator Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Sabbang Selatan, Jusmin Latif.

    JURNALIS.TV
    market.biz.id JURNALIS.TV
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Kegiatan Penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian tingkat Kecamatan Sabbang Selatan tersebut diketuai oleh Koordinator Penyuluh Pertanian BPP kecamatan Sabbang Selatan Jusmin Latif dengan anggota Penyuluh Pertanian di BPP Kecamatan Sabbang Selatan, yang juga dihadiri undangan dari pelaku usaha pertanian yang terdiri dari Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), Gapoktan, Kelompok tani dan P3A sebanyak 15 orang yang mewakili setiap wilayah binaan yang ada di Kecamatan Sabbang Selatan.

    " Kepala Bidang Penyuluhan dalam sambutannya menyampaikan bahwa, penyusunan program penyuluhan pertanian disinergikan dengan program-program di Dinas Pertanian Kabupaten Luwu Utara dan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Sabbang Selatan. Program penyuluhan pertanian menggambarkan keadaan sekarang, masalah dan pemecahan masalah. Penyusunan program ini diharapkan dapat mewujudkan petani maju, mandiri dan tangguh, ” sebut Made Sudana.

    PERS.CO.ID
    market.biz.id PERS.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Program Penyuluhan Pertanian merupakan Rencana Kegiatan Penyuluhan Pertanian yang memadukan aspirasi petani dan masyarakat pertanian dengan potensi wilayah dan program pembangunan pertanian yang menggambarkan keadaan sekarang, tujuan yang ingin dicapai, masalah dan alternatif pemecahannya. 

    Dasar Hukum Penyusunan Program Penyuluhan Pertanian terdapat pada Permentan No.47/Permentan/SM.010/9/2016 tentang Penyusunan Program Penyuluhan Pertanian. Penyusunan Program Penyuluhan Pertanian dilakukan setiap tahun berjalan untuk dilaksanakan pada tahun berikutnya.

    Penyusunan Program dilakukan mulai dari tingkat wilayah binaan (desa/kelurahan), tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi ingga Nasional. 

    Hal ini juga dilaksanakan di Kecamatan Sabbang Selatan Kabupaten Luwu Utara, dimana Penyuluh Pertanian Wilayah Binaan yang berada di BPP Kecamatan Sabbang Selatan terlebih dahulu menyusun Programa Penyuluhan Pertanian tingkat Desa (wilayah binaan) pada Bulan Maret 2022 yang seiring dengan pelaksanaan Musrenbang tingkat Desa. Program Desa ini bersinergi dengan Program Desa yang dibuat oleh Penyuluh Pertanian di wilayah binaan.

    JURNALNASIONAL.CO.ID
    market.biz.id JURNALNASIONAL.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Dalam sambutannya hKoordinator Penyuluh Pertanian Kota Solok menyampaikan bahwa dalam penyusunan program penyuluhan pertanian dilakukan pengkajian permasalahan dari segala aspek baik teknis, sosial maupun ekonomi. Kemudan dilakukan pengkajian pemecahan permasalahan tersebut. 

    “Program Penyuluhan ini menjadi acuan bagi penyuluh dalam memberikan penyuluhan di lapangan karena program penyuluhan pertanian nantinya akan diurai kembali menjadi Rencana Kerja Tahunan Penyuluh Pertanian (RKTP) bagi setiap Penyuluh Pertanian Wilayah Binaan, ” ujar Husrianto Lamba.

    Penyusunan program Penyuluhan Pertanian Tingkat Kecamatan Sabbang Selatan dipandu oleh Penyuluh Program Kabupaten Luwu Utara Husrianto Lamba. Penyusunan program dengan menampilkan draft matriks program penyuluhan pertanian yang telah disusun oleh Tim penyusun program Kecamatan Sabbang Selatan.

    Dalam kegiatan ini petani sangat antusias untuk berpartisipasi menyampaikan aspirasi mereka dalam penyusunan programa penyuluhan pertanian Tingkat Kecamatan Sabbang Selatan.

    Luwu utara
    Jusman

    Jusman

    Artikel Sebelumnya

    4 Karateka Luwu Utara Sabet Medali di Kejurda...

    Artikel Berikutnya

    Ketua PGRI Luwu Utara Hadiri Konferensi...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Syafruddin Adi

    Syafruddin Adi verified

    Postingan Bulan ini: 29

    Postingan Tahun ini: 2521

    Registered: Apr 8, 2021

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 27

    Postingan Tahun ini: 2117

    Registered: May 25, 2021

    Indra Gunawan

    Indra Gunawan verified

    Postingan Bulan ini: 11

    Postingan Tahun ini: 771

    Registered: Nov 15, 2021

    Wijaya

    Wijaya verified

    Postingan Bulan ini: 11

    Postingan Tahun ini: 774

    Registered: Oct 11, 2021

    Profle

    Aa Ruslan Sutisna verified

    Polmas Perairan, Ditpolairud Sambangi Warga Kuala Jelai
    Danramil dan Anggota Koramil 0831/03 Gubeng Datangi Polsek. Beri Ucapan Selamat HUT Bhayangkara Ke -76
    Memasuki Musim Kemarau, Damkar bersama Call Center 112 Lakukan Sosialisasi Pencegahan Kebakaran
    Kasal Tinjau Bakal Lokasi Mabes AL di IKN Nusantara

    Rekomendasi

    Saat Ini Semua Perusahaan Robot Trading Ilegal
    Diskusi Kompetensi: Revitalisasi Pendidikan dan Pelatihan Vokasi
    Kabar Baik Bagi Warga Pattallassang Gowa, PUTR Sulsel Pastikan Ruas Burung-Burung-Bili Bili Juli Ini Dikerja
    HMJ SI UINAM Gelar Learnig Session Strategi Pitching  Ide Bisnis
    Pemprov Sulsel Beri Bantuan Keuangan Rp 10 Miliar, Untuk Mitigasi Banjir di Makassar 

    Ikuti Kami